Pakistan hari Senin menyatakan organisasi Taliban Tehrik-e-Taliban sebagai organisasi terlarang di Pakistan setelah kelompok itu menyatakan bertanggungjawab atas sebuah serangan paling mematikan di negri itu terakhir ini. Serangan itu dilakukan seminggu setelah Pervez Musharaf didaulat dari kekuasaannya.

Mentri Dalam Negri mengeluarkan keputusan pelarangan organisasi Taliban itu 24 jam setelah menghentikan gencatan senjata dengan Taliban di wilayah Bajur, sebuah daerah yang menurut kabar digunakan sebagai tempat persembunyian Usamah Bin Laden, dimana ditempat itu selama beberapa minggu ini telah terbunuh ratusan penduduk akibat serangan tentara Pakistan. Sekitar 200.000 warga lainnya telah mengungsi.

"Organisasi ini adalah organisasi teroris dan diciptakan sebagai alat untuk menganiaya orang-orang" kata pejabat kementrian Rehman Malik saat mengumumkan pelarangan organisasi Tehrik-e-Taliban Pakistan, sebuah organisasi yang memayungi para Mujahidin diwilayah perbatasan, organisasi itu muncul sekitar bulan Desember lalu uantuk menguatkan perlawanan para Mujahidin terhadap pemerintah.

Sedang pemerintahan Afghanistan sudah melarang gerakan Taliban enam tahun yang lalu. [adm/ musimdaily]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts