TEXAS - Badai Ike yang menerjang wilayah Texas dan Louisiana kemarin menyebabkan kerusakan yang cukup parah secara fisik. Presiden Amerika Serikat Goerge W Bush pun langsung mengumumkan keadaan darurat bagi Texas dan Louisiana.

Akibat badai tersebut, sejumlah aliran listrik di Kota Texas terputus. Hal ini mengakibatkan melambungnya harga minyak dan gas di lokasi tersebut.

"Ini adalah badai yang dahsyat yang membuat kerusakan tidak hanya di Texas tapi juga beberapa bagian di Louisiana," kata Presiden Bush dalam sebuah pernyataan pers melalui video di Gedung Putih, seperti dikutip Associated Press, Minggu (14/9/2008).

Dalam jumpa pers tersebut Bush ditemani Sekretaris Keamanan Warga Sipil Michael Chertoff dan Kepala Federal Manajemen Keadaan Darurat David Paulison.

Dalam jumpa pers tersebut, Paulison juga memperingati warga agar tidak terpedaya dengan melemahnya badai. "Ini masih menjadi waktu yang berbahaya. Badai itu masih membawa angin, hujan, juga memungkinkan terjadinya Tornado dan guntur. Sebaiknya tetap di rumah. Bersabar dan jangan berpergian ke manapun sampai waktu yang aman tiba," sarannya.

Bush juga bertujuan mengumumkan keadaan darurat ini untuk memudahkan bantuan kepada wilayah-wilayah di pedesaan yang mengalami kerusakan cukup parah.

Badai Ike menerjang tenggara Texas dan barat Louisiana Sabtu kemarin. Ribuan rumah dan gedung pemerintahan dipenuhi air, jalan-jalan juga mengalami hal yang sama. Diperkirakan 2,6 juta penduduk mengalami krisis listrik akibat bencana yang mengerikan tersebut.[adm/okezone]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts