Sebuah konferensi international akan diselenggarakan di Jeddah. Konferensi bertujuan untuk membedah Mekah menjadi kota berbasis teknologi terdepan

Sebuah konferensi international dua hari akan diselenggarakan di Jeddah pada bulan Januari 2009 mendatang. Konferensi ini bertujuan untuk membedah Mekah untuk menjadi kota berbasis teknologi terdepan.

Gubernur Mekah Pangeran Khaled Al-Faisal akan membuka konferesni yang diselenggarakan di Aula Raja Abdul Aziz Universitas Ummul Qura pada 19 Januari mendatang.

Konferensi akan dihadiri sejumlah pakar dunia dari berbagai disiplin ilmnu. Tujuannya merancang Mekah sebagai kota cerdas dengan memanfaatkan layanan dan kecanggihan teknologi.

Konferensi sendiri diselengarakan oleh Kantor Gubernur Mekah bekerjasama dengan Komisi Komunikasi dan Teknologi dan Pusat Riset Haji Arab Saudi.

“Ini akan menjadi konferensi terbesar yang diselenggarakan di Kerajaan Arab Saudi," kata Walikota Mekah, Osama Al-Bar.

“Tujuan konferensi ini adalah menemukan teknologi yang tepat untuk mengelola Mekah yang setiap tahunnya dikunjungi jutaan manusia," katanya, seperti dikutip harian Arab News edisi Jumat, 19 September hari ini.

"Mekah akan jadi model yang bisa dituru kota lainnya."

Menurut Al-Bar, jemaah semakin cerdas sehingga tuntutan juga semakin tinggi. "Jemaah membutuhkan akomodasi, makanan, jaringan komunikasi, serta transprtasi yang memadai, dan lain sebagainya yang harus terintegrasi,” katanya.

Mekah nantinya akan menjadi kota yang terbuka dengan layanan internet yang setiap jemaah bisa mengakses layanan itu.[adm/hidayatullah]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts