Washington - Calon wakil presiden pilihan Partai Republik Sarah Palin, dalam upaya meningkatkan kredibiltasnya dalam masalah kebijakan luar negeri, akan bertemu para pemimpin sekutu Amerika Serikat, Afghanistan dan Kolumbia, Selasa di New York.

Seorang pembantu kampanyenya, Sabtu, mengatakan Palin akan bertemu dengan Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan Presiden Kolumbia Alvaro Uribe, demikian pula dengan mantan Menlu AS Henry Kissinger.

Pertemuan-pertemuan akan berlangsung di sela-sela sidang tahunan Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di New York.

Palin, yang telah menjadi gubernur Alaska selama dua tahun, mempunyai pengalaman sedikit di bidang kebijakan luar negeri. Dia akan menghadapi debat pada 2 Oktober di St. Louis dengan calon wakil presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden, seorang senator kawakan dari Delaware yang juga ketua Komisi Hubungan Luar Negeri Senat.

Karzai mempimpin pemerintah Afghanistan yang menghadapi tantangan yang kian meningkat dari kaum ekstrimis Taliban dan aksi kekerasan di negaranya yang makin meningkat dalam tahun ini.

Uribe telah memimpin perang sejak lama melawan pemberontak sayap kiri Kolumbia, FARC dan menerima bantuan AS untuk perjuangannya itu.

Calon presiden dari Partai Republik, John McCain, senator empat periode dari Arizona, juga mempunyai pengalaman kebijakan luar negeri yang luas, demikian laporan Reuters.[adm/antara]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts