ISLAMABAD - Tentara Pakistan menembaki dua helikopter militer AS karena mencoba memasuki wilayah Pakistan pada Ahad malam. Awal September lalu, helikopter tempur AS menembaki kawasan pemukiman Pakistan dengan dalih mencari tokoh Al Qaeda. Seperti dilaporkan Reuters, Senin (22/9/2008), tidak ada laporan korban jiwa. Kedua helikopter itu pun akhirnya kembali ke wilayah Afghanistan.

Pejabat senior keamanan Pakistan menyatakan kedua helikopter berusaha menyeberangi wilayah perbatasan di Lowara Mandi, sekira 80 km sebelah barat Miranshah, kota utama di North Waziristan pukul 9 malam waktu setempat.

"Kami tak mendengar mereka sempat menembakkan senjata dan membuat kekacauan di perbatasan," kata Murah Khan, juru bicara militer Pakistan.

Hubungan Pakistan dan AS agak memanas semenjak pasukan AS menerobos perbatasan di South Waziristan dan membunuh 20 penduduk, termasuk perempuan, anak-anak pada 3 September lalu. Pemerintah Pakistan kemudian mengajukan protes atas tindakan brutal pasukan AS tersebut.

Kejadian itu merupakan pertama kalinya AS menerobos ke Pakistan. Meski berdalih mencari Al Qaeda tindakan memborbardir satu kampung dengan misil tak dapat dibenarkan.

Menurut laporan pihak militer Pakistan, penembakan tersebut merupakan yang kedua kali. Pekan lalu tentara Pakistan juga sempat menembaki helikopter AS yang mencoba melintas di perkampungan Ango Adda. Presiden Pakistan Asif Ali Zardari dan Presiden Bush dijadwalkan bertemu Selasa besok di New York. [adm/okezone]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts