pramIllionis - Ratusan muslim Amerika menghadiri prosesi pemakaman tokoh Islam W.D Mohammed. Ia merupakan anak dari Elijah Muhammad, pendiri Nation of Islam dan pejuang hak kulit hitam.

Seperti diberitakan Associated Press, Jum'at (12/9/2008), W.D Mohammed meninggal di usia 74 tahun akibat gangguan hati dan diabetes. Salah satu tokoh Islam paling berpengaruh di Amerika Utara ini, meninggal Kamis kemarin di kediamannya di Chicago.

Mohammed dikenal dengan kegigihannya memperjuangkan hak kulit hitam muslim. Namun sikap bersebarangan dengan sang ayah menjadikannya terpisah dengan organisasi Nation of Islam yang kini dipimpin Louis Farrakhan. Mohammed dikenal dengan pemikirannya yang ekstrim. Inilah yang menjadikan dirinya berseberangan dengan Elijah.

"Dalam menyiarkan Islam, Mohammed mengaku terinspirasi langsung dari Tuhan. Ini yang membuat saya sangat mencintainya dan berharap dapat mendampinginya hingga akhir," kata Khadijah Mohammed, istri W.D Mohammed.

Dalam prosesi pemakaman, kelompok Nation of Islam dan pengikut Mohammed bergabung sambil meneriakkan kalimat "Allahu Akbar".

Anggota keluarga belum menentukan siapa pengganti Mohammed menjalankan organisasi dan bisnisnya. Selain menyiarkan Islam, Mohammer juga dikenal sebagai pebisnis. Termasuk menjalankan harian Muslim Journal yang berbasis di Homewood, Illinois.[adm/okezone]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts