Para penduduk di propinsi Kandahar menegaskan bahwa Talibanlah yang berkuasa di wilayah itu, walau pertempuran dengan NATO masih berlanjut. Taliban mampu mengembalikan kekuasaannya di propinsi ini sebagaimana mereka berkuasa pada tahun 2001.

Koran National Post, yang berasal dari Kanada sebagaiman dikutip oleh Al Mafkarah menyebutkan bahwa saat ini Taliban sudah menjalankan pemerintahan di propinsi yang berada di Afghanistan Selatan itu. Taliban telah menjalankan pengadilan, baik berupa pengadilan perdata maupun pidana secara sempurna.

Koran itu juga menyebutkan bahwa pengadilan-pengadil an pemerintah semakin tersingkir, karena lemahnya dan rusaknya pemerintahan Karzai. Sehingga Taliban semakin mampu menjalankan roda pemerintahan di wilayah itu. Di samping itu, dalam pendidikan, Taliban telah menciptakan kurikulum untuk diterapkan di sekolah-sekolah Kandahar .

Salah seorang petani di Kandahar menyebutkan bahwa Taliban telah mendirikan pengadilan-pengadil an yang berhasil memecahkan masalah yang timbul di masyarakat. Dan penduduk lain juga menyebutkan bahwa Taliban telah mengumumkan bahwasannya mereka siap untuk menyelesaikan masalah dan perselisihan yang terjadi. [adm/hidayatullah]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts