Seorang anggota Al Qaeda yang syahid dalam pertempuran pada 5 Oktober lalu adalah seorang warga
Abu Qaswarah
negara Swedia. Abu Qaswarah syahid setelah meledakkan rompi bom nya dalam sebuah serangan tentara Amerika di Mosul.

Abu Qaswarah diidentifikasi bernama asli Muhammad Moumou, aslinya berasal dari Maroko dan ikut dalam latihan camp Al Qaeda di Pakistan dan Afghanistan tauhn 90 an. Abu Qaswarah yang asli dari Maroko kemudian pindah ke Swedia dan beralih kewarganegaraan pada tahun 90 an juga. Aktif dalam pergerakan di masjid Brandbergen Stockholm, yang sering dikaitkan dengan jaringan teroris.

Amerika sendiri tidak bisa mengkonfirmasi atau menyangkal kewarganegaraan Abu Qaswarah. "Dia punya banyak nama alias, kami belum bisa mengkonfirmasi" kata sersan Chris Stagner jurubicara Amerika di Baghdad.

Abu Qaswarah berada dalam kelompok Ansar al Islam, salah satu kelompok yang berafiliasi ke Al Qaeda Iraq. Ansar al Islam sebelumnya bernama Ansar al Sunnah, pada awal tahun ini mereka kembali menggunakan nama Ansar al Islam, yang beroperasi di Iraq utara. Ansar al Islam didirikan oleh mujahid Mullah Krekar pada Desember 2001 di wilayah utara Iraq yang berbatasan dengan Iran dan mempunyai gaya seperti Taliban.

Ansar al Sunah pada tahun 2006 pernah mengeluarkan video rekaman yang berisi pelatihan disebuah camp Mujahidin di daerah Swedia selatan. Dalam video tersebut dibacakan bahwa "Kami ingin menginformasikan kepada umat, bahwa Tentara Ansar al Sunah di Swedia telah terlatih dengan baik dalam rangka memepertahankan negeri sudi kita...... kami telah mendirikan camp Mujahidin, yang berlokasi di Skane......dengan pertolongan Alloh...," kata kelompok itu pada sebuah laman website. [adm/muslimdaily]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts