Untuk meningkatkan pelayanan pada umat khususnya jamaah haji, Kerajaan Arab Saudi membuat mega proyek salah satunya monorel Arafah-Mina.

Deputi Kementerian Urusan Tatanan Kota Arab Saudi Habib Zainal Abidin, proyek baru itu ditargetkan dapat beroperasi pada musim haji 1430 H atau 2009.

"Proyek pembangunan kereta monorel Arafah-Mina akan dimulai dua minggu ke depan. Dan akan selesai selama 10 bulan," katanya seperti dilansir media setempat, Senin (5/10).

Monorel yang akan dibangun itu direncanakan memiliki ketinggian 8 meter hingga 10 meter. Dengan begitu, kelancaran arus lalu lintas dan pejalan kaki yang 'penuh' di Mina tidak akan terganggu.

"Monorail itu akan mengangkut 500 ribu jamaah haji di Arafah, Mina, dan Muzdalifah dan sekitar 25 ribu bus angkutan yang dilarang masuk kawasan Mina dengan adanya kereta monorel akan berhenti," ujar Zainal Abidin.

Proyek ini, lanjut Zainal Abidin akan dibagi tiga tahap. Jalur Arafah, Muzdalifah, dan Mina melalui road dua menyambung ke Jembatan King Abdul Aziz. Dan tahap kedua, 4 jalur akan melayani Arafah, Muzdalifah dan Mina. Sementara itu tahap ketiga, akan menyambungkan antara Arafah, Mina dengan Masjidil Haram.

Sementara Menteri Haji Kerajaan Arab Saudi, Fuad Al Farisi mengatakan, proyek kereta monorel segera dilaksanakan di Arafah, Mina, dan nantinya akan dibangun jalur kereta api yang menyambungkan antara kota Makkah, Madinah dan Jeddah sebagai tahapan proyek berikutnya. [adm/muslimdaily]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts