Ghazni - Pejuang Taliban pada hari Selasa memperingatkan kepada operator telepon seluler untuk mematikan seluruh jaringan teleponnya di propinsi Ghazni, sebelah baratdaya Kabul, sinyal telepon seluler bisa digunakan untum melacak keberadaan mereka.

"Kami memperingatkan kepada perusahaan telepon seluler yang beroperasi di Ghazni untuk mematikan pemancar sinyal mereka mulai hari ini", kata Zabihuallah Mujahid, jubir Taliban.

"Kami ingin perusahaan telekomunikasi yang beroperasi di sini untuk mematikan BTS mereka selama 10 hari mulai sekarang," kata dia menambahkan, mungkin permintaan itu bisa bertambah beberapa hari.

Lima operator telepon seluler, tiga diantaranya adalah perusahaan asing, dengan investasi ratusan juta dolar, perusahaan itu mulai beroperasi di Afghanistan sejak Amerika menginvasi Afghanistan tahun 2001.

Beberapa saat yang lalu Taliban menghancurkan beberapa pemancar sinyal milik operator telepon selular karena digunakan sebagai media penyambung informasi mata-mata yang dapat menunjukkan kepada Amerika dimana posisi para pejuang Taliban berada.

NATO dan pemerintah Afghanistan mengatakan bahwa Taliban ingin agar jaringan telepon ditutup untuk mencegah mata-mata dari kalangan penduduk memberikan informasi bagi lawan-lawan Taliban.

Ghazni yang berjarak dua jam perjalanan dari Kabul, saat ini sering sekali diadakan pemeriksan kendaraan yang melewati jalan utama. Pemeriksaan dilakukan oleh Taliban, jika ditemukan muatan yang akan ditujukan bagi pasukan Amerika maka kendaraan itu akan dihancurkan. [adm/muslidaily]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts