Washington - Osama bin Laden sudah sangat terkucil dan terpaksa mencurahkan banyak energi demi keamanan sendiri, kata Direktur CIA (dinas intelijen AS) Michael Hayden dalam pidato, Kamis.

"Ia telah menghabiskan banyak energinya untuk kelangsungan hidup sendiri, banyak energinya untuk keamanan sendiri. Pada kenyataannya, ia tampaknya terkucil, sebagian besar karena operasi dari hari ke hari terhadap organisasi yang hanya sekedar namanya saja yang ia pimpin," kata Hayden, merujuk pada jaringan Al Qaeda.

Mengejar sisa-sisa bin Laden tetap prioritas tinggi bagi Badan Intelijen Pusat itu, katanya.

"Saya dapat menjamin, meskipun ada spekulasi pers, bahwa pengejaran atas bin Laden adalah di puncak teratas dalam daftar prioritas CIA."

Ia memberi kesan bahwa bin Laden bersembunyi di mana saja di wilayah perbatasan Afghanistan-Pakistan yang terpencil, tempat al Qaeda, katanya, telah menyusun diri kembali dan meningkatkan organisasinya.

Hayden melukiskan "tantangan berat untuk meneliti setiap mil persegi wilayah yang tidak ramah dan berbahaya itu" serta mengatakan "bagian penjelasan bagi kelangsungan hidupnya terletak pada kenyataan bahwa ia belah bekerja untuk menghindari penyeberangan".

Membunuh atau menangkap bin Laden akan menimbulkan pukulan berat pada jaringan yang dipersalahkan karena serangan 11 September 2001 itu, katanya.

"Karena status ikonnya, kematian dan penangkapannya dengan jelas akan memiliki dampak berarti pada kepercayaan pengikutnya, anggota inti al Qaeda dan pengikut garis keras yang tidak berafiliasi dengannya maupun pengikut garis keras yang tidak berafiliasi di dunia." [adm/antara]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts