Foto: The National Security Archive

JAKARTA - Pertanyaan apakah mendiang mantan Menteri Luar Negeri Adam Malik sebagai agen Central Intelligence Agency (CIA), masih harus dibuktikan lebih lanjut kebenarannya. Namun, okezone, Selasa (25/11/2008), menemukan sebuah dokumen yang menyebutkan hubungan tokoh bangsa dengan Amerika Serikat dalam pembasmian G30S PKI atau Gestapu.

Dokumen rahasia AS tertanggal 2 Desember 1965 ini berupa telegram yang berasal dari Duta Besar AS untuk Indonesia, Marshall Green, kepada Asisten Menteri Luar Negeri untuk Timur Jauh Bill Bundy.

Dokumen yang telah dipublikasikan oleh The National Security Archive ini menyebutkan sokongan dana dari Green kepada Adam Malik, yang akan dipergunakan untuk memerangi PKI.

Berikut dokumen yang diterjemahkan oleh okezone.

Djakarta, Desember 2, 1965

Untuk Asisten Menteri Luar Negeri, Bundy, dari Duta Besar Green.

1. Ini untuk mengkonfirmasikan persetujuan awal saya, yang telah menyediakan dana yang diminta oleh saudara (Adam) Malik sebesar Rp50 juta untuk kegiatan gerakan Kesatuan Aksi Pengganyangan Gestapu (Kap-Gestapu).

2. Kegiatan Kap-Gestapu telah menjadi faktor penting dalam program kemiliteran, dan dari hasil pemikiran, Saya menyatakan tingkat kesuksesannya sangat tinggi. Militer ini, yang menginspirasi aksi sipil, masih memiliki beban dalam usaha melawan PKI, khususnya di Jawa Tengah.

A. Malik tidak berhubungan dengan gerakan Kap-Gestapu. Dia bagaimanapun juga, salah satu kunci penasehat� negara dan penyokong dari gerakan tersebut. Tidak ada keraguan kegiatan Kap-Gestapu didukung dan berkoordinasi dengan militer. Kami telah memiliki laporan substansi intelijen untuk mendukung hal ini.

B. Saya melihat kontribusi ini sebagai alat dari memajukan posisi Malik dengan gerakan. Sebagai satu dari tokoh sipil, dia bertanggung jawab menggalang dana untuk mendukung keuangan dari kegiatannya. Tanpa kontribusi dari kita, tentu saja Kap-Gestapu akan terus berlanjut. Di sisi lain, tidak ada keraguan jika mereka membutuhkan dana. Belakangan, selain sisi inflasi, dukungan dana yang minim, dan dukungan jumlah kecil (dana)akan menjadi pertimbangan tersendiri.

C. Pertolongan kami untuk memberi dukungan kepadanya sesuai dengan semestinya, saya berpikir, mewakili pemikiran (Adam) Malik dukungan kami dalam perannya untuk mendukung usaha militer anti-PKI, dan akan mempromosikan hubungan kerjasama yang baik antara dirinya dan militer.

D. Kesempatan untuk mengetahui rahasia berikutnya atas dukungan kami dalam kejadian ini, seminimal mungkin sesuai dengan operasi Black Bag. [adm/okezone]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts