Indonesia Pastikan Diri Menjadi Negara Boneka
JAKARTA - Kedutaan besar Amerika Serikat di Jakarta menyambut postif perkembangan reformasi yang dilakukan Indonesia. Ini dibuktikan dengan hasil survei yang dilakukan Millennium Challenge Corporation (MCC).

Indonesia memperoleh predikat indikator rata-rata dalam katagori penanganan kasus korupsi atau Control of Corruption untuk pertama kalinya.

"Indikator MCC ini menunjukkan, bahwa Indonesia menunjukkan kemajuan dalam lima tahun terakhir dalam penanganan masalah ekonomi, korupsi, dan pemerintahan yang bersih," ungkap Cameron R Hume, duta besar AS untuk Indonesia dalam pernyataan resminya yang diterima okezone, Rabu (12/11/2008).

Area tersebut merupakan fokus dari awal program MCC selama dua tahun ke depan di mana diimplementasikan dalam bentuk bantuan dana dari lembaga donor USAID sebesar USD55 juta.

MCC merupakan lembaga pemerintah AS yang ditujukan untuk membantu negara-negara dalam mengurangi angka kemiskinan serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Bantuan ini diberikan kepada negara yang dinilai memiliki komitmen dalam perbaikan ekonomi dan pemerintahan yang bersih. Negara yang menerima bantuan ini ditentukan berdasarkan performa dalam independensi dan transparansi kebijakan. MCC juga melibatkan Freedom House dan World Health Organization dalam menetukan indikator suatu negara. [adm/okezone]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts