Besarnya biaya yang dikeluarkan dalam rangka penyelamatan yang dilakukan pemerintah Amerika Serikat (AS) terhadap sektor-sektor ekonominya yang bermasalah telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan analis finansial, anggota Kongres dan pembayar pajak.

Jumlah biaya itu mencapai lebih dari 7 triliun dolar atau sekitar 24 ribu dolar per orang di Amerika. Dan itu sama dengan sembilan kali biaya perang di Irak dan Afghanistan digabungkan, demikian dilaporkan salah satu organisasi pemberitaan Amerika Bloomberg.

Biaya sebesar itu digunakan untuk menjamin hutang-hutang para peminjam yang bermasalah, membeli stock bank-bank yang terpuruk, bantuan pinjaman kepada bisnis-bisnis besar supaya tetap dapat beroperasi, dan membeli investasi yang goyah.

Sebagian pakar ekonomi mengatakan, banyak dari aset tersebut dibeli dengan diskon besar dan akhirnya akan dijual untuk menarik kembali sebagian atau semua uang yang sudah dikeluarkan. Para pejabat mengatakan bahwa banyak dari pinjaman tersebut kemungkinan akan dibayar kembali sehingga mengurangi jumlah biaya operasi penyelamatan.

Namun anggaran penyelamatan sekarang bertambah besar. Janji Pemerintah yang terbaru adalah untuk menjamin lebih dari 300 miliar dolar hutang bermasalah bank Citigroup. [adm/warnaislam]

1Komentar

  1. Promosikan artikel anda di www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur http://www.infogue.com/info/cinema/& http://www.infogue.com/game_online & http://www.infogue.com/kamus untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://ekonomi-internasional.infogue.com/timbul_kekhawatiran_mengenai_besarnya_dana_penyelamatan_ekonomi_as

    BalasHapus

Posting Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts