ImageWashington – Sebenarnya resesi ekonomi di Amerika terjadi sejak Desember 2007, perputaran bisnis di Amerika akhir tahun ini dinilai terburuk terjadi sejak Perang Dunia Kedua.
Hal tersebut dinyatakan The National Bureau of Economic Research (NBER), lembaga ini menyimpulkan bahwa ekspansi ekonomi yang dimulai pada bulan November 2001 telah berakhir. Menurut catatan NBER periode ekspansi ekonomi, yang berakhir pada tahun 2001, berlangsung selama 10 tahun.

Para ekonom berharap, resesi saat ini hanya sampai pertengahan tahun depan. Macetnya roda ekonomi ini dinilai sebagai resesei ketiga yang dialami Amerika. Keadaan ini memicu krisis global pada pertengahan 70-an dan awal tahun 80-an. Presiden George W Bush adalah presiden pertama sejak Richard Nixon yang ketika memimpin mengalami lebih dari dua resesi.

"Saya pikir kami telah mendapat jalan keluar, justru situasi semakin rumit dan panjang," ungkap Jeffrey Frankel, seorang ekonom Universitas Harvard yang duduk di NBER, kepada CNBC.

"Yang paling penting, hal yang dapat kita lakukan untuk perekonomian saat ini adalah untuk mengembalikan keuangan dan kredit untuk pasar normal, dan membuat kemajuan dalam bisnis properti," ujar juru bicara Gedung Putih Tony Fratto.

Lawrence Summers, salah satu penasihat ekonomi Obama, mengungkapkan kalimat sakti yang memungkinkan untuk menanggulangi penurunan ekonomi adalah "Percepatan."

"Itulah sebabnya kenapa presiden terpilih Obama telah ditetapkan sebagai prioritas utama melewati sebuah rencana pemulihan ekonomi," ujar Summers dalam sebuah pernyataannya. [adm/sabili]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts