Obama

Hari-hari ini euphoria rakyat Amerika mendekati puncaknya dalam menyongsong presiden baru mereka kurang dari dua pekan kedepan.

Euphoria membuat orang tidak berpikir kritis dan logis, euphoria bisa pula membuai orang sampai tertidur dan rasa sakit sementara hilang. Tetapi itulah realita pasar yang semu ini, fluktuasi harga-harga tidak harus di dorong oleh sesuatu yang bersifat fundamental. Isu-isu dan harapan-harapan untuk sementara cukup untuk mengendalikan pasar.

Karena di pasar internasional, emas masih dibeli/dinilai dengan Dollar – maka ketika Dollar menguat emas bergerak sebaliknya. Inilah yang terjadi hari-hari ini.

Sampai kapan ini akan terjadi ?, sampai orang tersadar dari buaian dan kembali merasakan sakit pedih perihnya krisis yang sedang terjadi.

Contoh buaian presiden terpilih Obama ini ketika minggu lalu menjanjikan 3 juta lapangan kerja baru bagi rakyat Amerika, 80% sector swasta dan 20% pemerintah. Yang tidak dipikir banyak orang adalah dampak dari penciptaan lapangan kerja baru tersebut.

Untuk lapangan kerja pemerintah misalnya; dalam kondisi krisis – income (pajak dlsb) menurun – apa yang harusnya dilakukan ? salah satunya memotong anggaran pegawai bukan ? lha ini kok malah nambah ?. 600,000 pegawai baru bukanlah hal yang sedikit !.

Oh, pemerintah kan selalu punya akal untuk mencetak duit baru…, nah disinilah masalahnya kalau mereka lakukan – maka inflasi yang membubung tinggi. Dalam jangka panjang nilai US$ terus tergerus karena setiap penguasa selalu mengambil jalan pintas mencetak uang untuk mengatasi masalah yang dihadapinya.

Karena kebiasaan buruk ini sudah terjadi sejak the Fed berdiri tahun 1913. Maka nilai Dollar sekarang dalam kisaran minus 95% s/d minus 97% dibandingkan dengan masa sebelum the Fed lahir.

Bagi kita yang mencanangkan kembalinya uang emas; ini akan menjadi kesempatan baik – harga emas akan cukup rendah untuk beberapa saat – sampai rakyat Amerika (dan juga rakyat dunia lainnya) terbangun dari tidurnya. Ketika mereka terbangun dan menyadari uang kertasnya worthless (tidak berharga) atau setidaknya worth less (kurang berharga) , kemana mereka akan berpaling ? yang paling mungkin adalah ke emas. Wallahu A’lam. [adm/geraidinar]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts