Peshawar - Setiap jam 8 malam, di lembah Swat, daerah yang luar biasa indah, alamnya bagai lukisan hidup. Sebuah lembah yang berjarak ratusan mil dari tiga kota paling penting Pakistan, akhir-akhir ini penduduknya sibuk mendengarkan siaran radio. Mereka tahu jika tidak mendengarkan maka akan terjadi sesuatu yang berakibat fatal.

Shah Doran, salah satu pemimpin lokal Taliban menggunakan pemancar radio portabel memulai aktifitasnya menyiarkan peringatan-peringatan Taliban kepada penduduk Swat. Larangan-larangan yang tidak Islami dan harus ditinggalkan segera seperti menjual DVD, menonton tv kabel, mendengarkan nyanyian , berjoget, mencukur jenggot . Dan peringatan bagi yang membangkang kepada Taliban. Dia juga menyebutkan beberapa nama yang menjadi buronan Taliban.

"Mereka mengendalikan semuanya lewat radio itu", kata salahsatu penduduk lembah Swat yang tidak mau disebutkan namanya.

Taliban saat ini hampir menguasai semua wilayah kesukuan di Pakistan, dari tempat-tempat itu mereka biasa melancarkan serangan terhadap pasukan Amerika yang berada di Afghanistan. Kehilangan wilayah-wilayah itu bagi pemerintah Pakistan merupakan hal yang fatal. Setelah lebih dari satu tahun bertempur, secara virtual Taliban telah menguasai seluruh daerah itu. [adm/muslimdaily]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts