Jalur Gaza - Seorang tokoh senior Hamas Nizar Rayyan dikabarkan terbunuh akibat serangan udara Zionis Israel ke Jalur Gaza. Rayyan merupakan tokoh paling senior Hamas yang diincar Israel sejak 2004.

Dia pernah menyerukan serangan bunuh diri terhadap Zioniz Israel

Kabar tentang kematian Nizar Rayyan tersiar. sementara tindak kekerasan Jalur Gaza memasuki hari keenam dan seruan gencatan senjata yang didukung PBB kandas.

Sumber-sumber medis Palestina menyatakan, 400 warga terbunuh dalam gelombang serangan Zioniz Israel sejak hari Sabtu.

Israel menyatakan, militernya tengah mencoba menghalangi militan Palestina menembakkan roket ke Zioniz Israel selatan.

Nizar Rayyan adalah tokoh paling senior Hamas yang tewas akibat serangan Israel sejak kematian Abdel Aziz al-Rantissi pada April 2004.

Hari Rabu, Rayyan menjanjikan Hamas akan menyerang Israel "lebih dalam lagi" dari yang sudah-sudah.

Melalui saluran televisi yang dikelola Hamas, al-Aqsa, dia mengatakan, para militan Hamas bersiap menghadapi serbuan darat Israel, dan menyatakan "kami akan membunuh musuh dan menawan sandera".

Sedikitnya empat orang lain, yang sebagian dikatakan anggota keluarga, juga terbunuh dalam serangan udara terhadap rumah Rayyan di kamp pengungsi Jabaliya di bagian utara Jalur Gaza

Gedung Parlemen

Semalam pesawat-pesawat tempur Israel menyerang gedung parlemen di Gaza, sementara roket-roket Hamas altmendarat jauh di dalam Zioniz Israel

Sebuah rumah sakit anak juga rusak akibat gempuran.

Sementara itu, roket-roket Hamas kembali mendarat di Beersheba, sekitar 40km di dalam Zioniz Israel

Israel hari Rabu menolak seruan gencatan senjata 48 jam untuk memungkinkan kiriman bantuan memasuki Gaza.

Rancangan resolusi PBB yang diajukan oleh Mesir dan Libia kandas setelah Amerika Serikat dan Inggris mengeluhkan bahwa draf itu tidak menyinggung serangan roket Hamas terhadap Israel. Menurut AS dan Inggris, serangan roket itu memicu permusuhan terbaru.

Para pejabat Palestina mengatakan, 391 warga Palestina terbunuh dalam gelombang serangan udara Zioniz Israel Sedangkan, empat orang Israel tewas akibat tembakan roket dari Gaza, yang dikuasai Hamas.

Seruan PBB

altSementara itu, badan bantuan PBB, UNRWA, yang merupakan badan bantuan terbesar di Jalur Gaza, mengatakan lembaganya kembali menyalurkan makanan, meskipun serangan Israel berlanjut.
srael mengatakan dalam dua puluh serangan udara semalam, mereka menyerang kantor-kantor pemerintahan Hamas.

Di antara gedung yang rusak berat adalah gedung parlemen dan kementerian kehakiman, tranportasi dan pendidikan.

Serangan terbaru ini dilangsungkan setelah pertemuan Dewan Keamanan PBB berakhir tanpa resolusi gencatan senjata, seperti yang diusulkan negara-negara Arab.

Sekjen PBB Ban Ki Moon meminta agar gencatan senjata segera ditempuh.

"Saya sangat mengecam dengan keras serangan mortir dan roket Hamas dan milisi Palestina lainnya. Tetapi saya juga mengecam penggunaan kekerasan yang berlebihan pihak Israel," kata Ban Ki Moon.

Israel menolak mengizinkan masuk wartawan asing ke Gaza. [adm/suaramedia]

1Komentar

Posting Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts