Jutawan Timur Tengah Pangeran Walid bin Talal akan menghadirkan sebuah bioskop. Arab Saudi akan semakin liberal?


Jutawan Arab Saudi dan anggota kerajaan kaya minyak Pangeran Walid bin Talal menyatakan bahwaWalid bin Talal dalam waktu dekat Arab Saudi akan memiliki sebuah bioskop. Suatu hari nanti, katanya, Arab Saudi akan memiliki sebuah bioskop yang akan memutar film-film bagus.

Al-Walid yang memiliki jaringan hiburan melalui satelit Rotana itu selama ini memutar film dan musik melalui satelit yang bisa ditangkap melalui parabola di Arab Saudi dan lainnya.

Selama ini, melalui Rotana, warga Arab Saudi menanggapi cukup positif tontonan film yang baik untuk keluarga.

Bahkan, seperti dikutip Associated Press edisi Rabo, 25 Februari kemarin, Al-Walid juga telah memproduksi film kocak dengan judul Manahi (larangan-larangan). Film ini sempat diputar di gedung-gedung umum di Arab Saudi dan mendapat tanggapan baik.

Walid bin Talal dikenal seorang pengusaha yang memiliki perusahaan produksi film dan distribusi, mengatakan berharap era pelarangan bioskop berakhir setelah pernah dilarang di Arab Saudi sejak 30 tahun yang lalu karena permintaan ulama.

"Film dan gedung bioskop pasti akan datang," kata Al-Walid. Al Walid juga dikenal sebagai salah tokoh yang mendorong melawan peraturan kerajaan yang dikenal memisahkan lawan jenis kelamin dan membatasi hiburan modern.

Dari tangan Al Walid ini, boleh jadi, Arab Saudi perlahan-lahan menjadi Negara liberal sebagaimana yang terus didesakkan oleh Amerika dan Negara-negara Barat selama ini.

"Kami akan mendukung keberhasilan dan kemajuan biokop Saudi dalam rangka kebudayaan dan tradisi kami, " ujar keponakan Raja Abdullah ini. [adm/hidayatullah]

1Komentar

Posting Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts