Bulan Mei, Paus Benediktus XVI akan melakukan kunjungan ke Israel dan Tepi Barat. Di Tepi Barat Paus akan bertemu dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas dan berkunjung ke Bethlehem serta Yerusalem. Juru Bicara perjalanan Paus di Yordania, Fifat Bader mengatakan, masih dilakukan pembicaraan bagi kemungkinan Paus berkunjung ke Jalur Gaza.

Di Israel Paus akan melakukan pembicaraan dengan Presiden Israel Shimon Peres dan berkunjung ke Museum Holocaust Yad Vashem. Pihak Vatikan tidak menjelaskan apakah kunjungan Paus ke Israel ada kaitannya dengan hubungan Vatikan-Israel yang belakangan ini tegang.

Seperti diberitakan, hubungan Vatikan dan Israel akhir-akhir sempat panas gara-gara Vatikan menerima kembali uskup Jerman yang selama ini dikenal kerap mempertanyakan kebenaran sejarah Holocaust. Israel mengecam keras kebijakan tersebut dan berhasil menekan Paus agar mengkritik pernyataan-pernyataan uskup Jerman tersebut yang dianggap anti-semit.

Lebih lanjut Bader mengatakan, sebelum ke Israel, Paus Benediktus XVI akan berkunjung terlebih dulu ke Yordania. Di Yordania, Paus akan berkunjung ke Masjid Hussein bin Talal, masjid terbesar di Yordania dan akan menggelar dialog dengan para pemuka agama dan cendikiawan Muslim di negeri itu.

Masjid Hussein berlokasi di pinggiran kota Amman dan dibangun tahun 2005 lalu. Nama masjid, Hussein bin Talal diambil dari nama Raja Hussein yang wafat tahun 1999.

Kunjungan Paus Benediktus ke Masjid Hussein bin Talal akan menjadi kunjungan keduanya tempat ibadah umat Islam sejak ia menjadi Paus pada tahun 2005. Masjid pertama yang dikunjungi Paus Benediktus adalah Masjid Biru di kota Istanbul, Turki pada tahun 2006.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts