ImageBelum lama mantan orang nomor satu Kuba, Fidel Castro memuji Barack Obama sebagai presiden yang memiliki kesungguhan. Kini Castro mengecam Obama karena dianggap mendukung pembantaian warga Gaza.

Seperti diberitakan AFP, Jumat (30/1/2009), Castro menyampaikan kecaman pertamanya kepada Obama setelah pemerintah AS dalam situs resminya mengeluarkan pernyataan yang berkomitmen kuat untuk mendukung keamanan Israel. Castro menilai kebijakan Obama itu tidak ada perbedaan dengan pendahulunya George W Bush. Pernyataan tersebut disampaikan Castro Kamis waktu setempat melalui situs cubadebate.cu.

Dalam misi kebijakan luar negeri AS yang di-publish di website itu, pemerintahan AS menyatakan, "Tidak dapat dibantah bahwa keamanan Israel, sebagai sekutu terkuat AS di Timur Tengah, harus dijaga."

Lebih lanjut pernyataan itu berbunyi, bahwa Obama dan wakilnya Joe Biden mendukung kedekatan hubungan itu. AS juga tidak akan pernah jauh dengan Israel.

Castro juga menuding AS mendukung penuh Israel sebagai negara dengan "kekuatan persenjataan nuklir yang penting". AS menjadi penyuplai utama senjata bagi militer Israel yang digunakan untuk "mengancam dan menciptakan kekerasan di negara berpenduduk muslim".

Castro juga mengkritik Obama terkait rencana penutupan penjara Guantanamo. Pemerintah Kuba mendesak pengembalian Teluk Guantanamo kepada negaranya. [adm/alislamu]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts