Shoe reportedly thrown at Iranian president Ahmadinejad


TEHERAN - Ternyata tak hanya George W Bush yang menjadi sasaran pelemparan sepatu. Presiden Iran pun dilaporkan dilempar sepatu oleh warganya saat mengunjungi sebuah kota di barat laut Iran pekan ini.

Berbeda dengan Bush atau Presiden China Wen Jiabao yang dilempar saat sedang menyampaikan keterangan pers atau berceramah, Ahmadinejad dilempar sepatu dari arah kerumunan warga yang menyaksikan iring-iringan rombongannya melewati kota Urumiye. Dilaporkan situs Iran Urumiye dan dikutip Guardian, Jumat (6/3/2009), Ahmadinejad saat itu sedang berada di mobil atap terbuka. Kunjungannya ke kota itu untuk berceramah di sebuah stadiun lokal.

Pihak kepolisian sempat melakukan pengejaran terhadap pelaku pelemparan namun gagal menemukannya karena banyaknya orang saat itu. Selain sepatu, Ahmadinejad juga dilempar topi sebelum mobilnya yang membawanya melaju cepat.

Insiden ini memang tak terlalu menita perhatian media Iran. Namun menjadi bahasan hangat di dunia maya. Para blogger pro Ahmadinejad menyatakan, kejadian ini merupakan rumor yang dibuat oleh kalangan "anti-revolusi".

Namun ini bukan serangan pelemparan sepatu pertama yang diterima Ahmadinejad. Pada Desember 2006, sepatu pernah melayang ke arahnya saat terjadi demonstrasi mahasiswa Universitas Amir Kabir.

Urimiye melaporkan, tragedi pelemparan itu mungkin terjadi akibat iring-iringan konvoi menabrak seorang pria lanjut yang mencoba mendekati Ahmadinejad dan menyerahkan sebuah surat. Orang-orang menjadi marah karena supir mobil tidak berhenti untuk menolong pria itu, meski tak lama kemudian muncul ambulans dan membawanya ke tumah sakit.

Ahmadineja merupakan sosok pemimpin yang kerap mendandatangi warganya di berbagai provinsi. Kedatangannya tak lepas dari usaha pemerintah untuk menenangkan warga terkait isu ekonomi.[adm/suaramedia/okez]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts