Ada lebih dari 50 Sinagog telah didirikan di sekitar Masjid Al Aqsha beberapa tahun ini, demikian satu laporan resmi Palestina pada Selasa lalu oleh lembaga Warisan dan Waqaf Al Aqsha.

Dan beberapa sinagog lagi akan segera dibangun dimana yang terbesar akan dibangun di sekolah Tankaseyah, salah satu area Masjid Al Aqsha.

Pemerintah penjajah Israel menyetujui rencana pembangunan sinagog tersebut dengan dana 40 juta dolar AS, demikian laporan yang disampaikan ke Kantor PBB di Amman, Jordania.

Sinagog yang terdekat dengan Masjid Al Aqsha sengaja dibuat dengan kubah besar agar menghalangi pandangan kubah Masjid Umar (Dome of Rock Mosque).

Sinagog juga dibangun di bawah Masjid Al Aqsha dan terowongan juga digali oleh para penjajah Israel bersama kaum Yahudi.

Sinagog yang berukuran 1.000 meter persegi ini juga akan dibangun di lapangan Bouraq (Tembok Ratapan). Sinagog ini akan digunakan sebagai pusat pengajaran Taurat.

Selain itu, Israel rencananya juga akan membangun Sinagog di Menara Al Laqlaq, sisi timur laut areal Masjid Alaqsha.

Diperkirakan total bangunan yang akan dibangun penjajah Israel di sekitar Masjid Al Aqsha adalah 35 rumah dan satu sinagog serta 1.000 permukiman baru Yahudi. [adm/warnaislam]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts