Salah seorang pimpinan Hamas - Mushir Al-Masri mengatakan pada hari rabu kemarin, Gaza adalah tempat yang aman untuk gerakan Fatah melangsungkan konferensi ke enamnya.

Al-Masri mengatakan ke Ma'an:"Gaza adalah satu-satunya daerah bebas di mana semua orang Palestina berkumpul disini. Gaza tempat yang aman, dan wacana seperti ini muncul merupakan niat baik dari Hamas terhadap Fatah yang juga merupakan bagian dari kekuatan rakyat Palestina."

Dia mengatakan akan menyambut konferensi gerakan Fatah.

Dia juga mengatakan, jika ada kesepakatan pembicaraan dengan Fatah, Hamas akan mencalonkan menteri dalam negeri untuk pemerintahan de facto dan akan disetujui oleh dewan legislatif Palestina.

Sebelumnya menteri dalam negeri - Said Siyam telah syahid bersama dengan seluruh anggota keluarganya oleh sebuah serangan roket Israel sewaktu terjadi agresi Israel ke Gaza pada bulan Januari lalu.

Mesir telah mempelopori pembicaraan antara Hamas dan Fatah dalam usahanya mengakhiri dua tahun perselihian politik keduanya.

Hamas telah mengambil kontrol penuh di jalur Gaza pada bulan Juni 2007, menutup dominasi pasukan keamanan otoritas Palestina yang didukung Fatah. [adm/eramuslim]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts