Ricuh Thailand berlanjut dengan dikeluarkannya surat penangkapan Thaksin Shinawatra, mantan perdana Menteri Thailand, yang diduga menjadi dalang kerusuhan. Thaksin dituduh menghasut massa hingga terjadi berbagai kekerasan dalam aksi demonstrasi selama sepekan belakangan ini di Bankok.

Selain Thaksin, Pengadilan Thailand, Selasa (14/4) juga mengeluarkan surat penangkapan bagi 12 pengikut sang mantan Perdana Menteri.

Di dalam surat penangkapan itu, Thaksin dan para pembantunya dituntut pengadilan atas tuduhan membentuk dewan ilegal yang anggotanya lebih dari 10 orang, melakukan tindak kekerasan dan melanggar perdamaian. Ia diancam dengan penjara lima tahun.

Pemerintah Thailand menanggapi demonstrasi ini dengan mengeluarkan maklumat kondisi darurat di Bangkok dan mengerahkan militer untuk meredam aksi demo.

Demo di Bangkok yang telah berlangsung selama tiga pekan akhirnya berakhir setelah militer Thailand turun tangan. Dalam demo ini, disebutkan dua orang tewas dan 123 lainnya mengalami luka dalam bentrok antara pendukung Thaksin dengan militer Thailand.

Sebelumnya, polisi Thailand telah menuntuk tiga pemimpin demo antipemerintah yang merupakan pendukung Thaksin dengan tuduhan menyebabkan terjadinya kerusuhan. [adm/warnaislam]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts