Sembilan tentara Turki tewas dan dua tentara lainnya luka-luka akibat ledakan ranjau darat yang ditanam di jalan antara provinsi Diyarbakir dan Bingol, sebelah tenggara Turki. Insiden ini dipekirakan akan memperuncing pertikaian antara pemerintah Turki dan para pemberontak Kurdi di negeri itu.

Insiden ini terjadi sekitar pukul 06.30 pagi, ketika tentara-tentara Turki itu melakukan patroli rutin. Kendaraan mereka patroli mereka melintas diatas ranjau sehingga memicu ledakan. Laporan media massa Turki menuding kelompok pemberontak dari Partai Pekerja Kurdi (PKK) yang telah memasang ranjau darat itu untuk menyerang pasukan Turki.

Belakangan ini, pemerintah Turki melakukan sejumlah serangan ke basis-basis kelompok PKK yang wilayah pegunungan yang berbatasan dengan Irak utara. Kelompok ini mulai angkat senjata melawan pemerintahan Turki sejak awal tahun 1980-an. Mereka menuntut otonomi di wilayah yang didominasi warga Kurdi di sebelah tenggara Turki.

Kebijakan militer Turki menghadapi PKK didukung oleh AS dan Eropa yang memasukkan PKK ke dalam daftar organisasi teroris.

Sejauh ini, pemerintah maupun pihak militer Turki belum mengeluarkan pernyataan resmi atas insiden yang menimpa tentaranya itu. adm/eramuslim]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts