Kabul - Karine Blais menjadi tentara wanita Kanada kedua yang tewas mengenaskan di Afghanistan. Blais 21 tahun tewas setelah kendaraan bersenjatannya melindas IED Mujahidin dan meledak. Insiden terjadi di baratlaut kota Kandahar hari Senin 13 April 2009.

Tentara wanita ini baru tiba dua pekan di Afghanistan ketika akhirnya ajal menghampirinya Senin lalu.

"Kendaraannya menghantam bom yang ditanam di tanah ketika sedang melakukan patroli di baratlaut kota Kandahar", kata komandan Letkol,Jocelyn Paul.

Dua komrad Blais dari skuadron B resimen bersenjata ke12, yang juga terkena ledakan saat insiden itu hanya mendapatkan luka-luka berat saja.

Wanita pertama Kanada yang tewas di Afghanistan dalam kaitannya perang disana adalah Kapt Nichola Goddard berasal dari Calgary. Goddard tewas pada tahun 2006 bulan Mei oleh serangan RPG Mujahidin Taliban. Insiden terjadi di 40 km sebelah barat dari kejadian yang menimpa Blais kali ini. Blais sendiri menjadikan tentara Kanada yang tewas di Afghanistan ke 117. Mayat Blais sudah diterbangkan ke negaranya pada 14 April 2009, sehari setelah insiden.

Rincian Kematian Tentara Kanada di Afghanistan Tahun 2009

13 April : Karine Blais 21 tahun, tewas ketika kendaraannya hancur oleh ledakan bom rakitan.

20 Maret : Kopral Scott Venelli dari batalion ke1 resimen tentara royal Kanada, dan Tyler Crooks dari batalion ke3 tentara royal Kanada, keduanya tewas oleh ledakan IED ketika patroli di distrik Zahri, lima tentara dari November Company ikut terluka dalam ledakan itu dan seorang penerjemah asal Afghanistan tewas pada kejadian itu. Dua jam setelah insiden itu tentara Jack Bouthilier dan Corey Hayes dari squadron mata-mata kembali tewas setelah kendaraan militer mereka juga terkena ledakan IED di Shah Wali Khot sekitar 20 km timurlaut Kandahar, tiga tentara Kanada ikut terluka pada insiden yang kedua pada hari itu.

8 Maret : Tentara Marc Diab 22 tahun dari Royal Canadian Dragoons, tewas pada hari ini akibat ledakan bom pinggir jalan di kota Kandahar.

3 Maret : Opsir Dennis Raymond Brown, Dany Olivier Fortin dan Kenneth Chad O'Quin ketiganya tewas pada tanggal ini ketika kendaraan mereka terkena ledakan IED di baratlaut Kandahar.

31 Jan : Tentara Sean Greeenfield 25 tahun, tewas terkena ledakan IED ketika sedang berada di distrik Zhari barat Kandahar.

7 Jan : Brian Richard Good 42 tahun ketika kendaraan bersenjatanya meledak oleh IED di distrik Shahwali Kot sekitar 35 km utara kota Kandahar. [adm/muslimdaily]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts