Pihak agresor Amerika Serikat dapat tetap bertahan di bumi Irak hingga 10 tahun kedepan, meskipun dalam perjanjian sebelumnya seluruh tentara AS harus angkat kaki dari Irak tahun 2012, demikian kata seorang pejabat senior angkatan darat AS.

Jendral George Casey mengatakan hari Selasa 26 Mei bahwa tentara AS dapat bertahan di Irak maupun Afghanistan hingga 10 tahun kedepan untuk menjaga "stabilitas keamanan" di Timur Tengah. Demikian pernyataannya dalam pertemuan dengan beberapa jurnalis dan pengamat politik di Washington.

Casey tidak mengatakan secara spesifik bagaimana pembagian kekuatan antara yang di Irak dengan Afghanistan. Casey juga mengatakan rencana perpanjangan masa pendudukan tentara AS ini nantinya tidak akan bertentangan dengan kebijaksanaan yang dikeluarkan Obama.

Sebelumnya, Obama merencanakan untuk menarik seluruh pasukan dari Irak mulai tahun 2010 hingga tahun 2012.

Meskipun beberapa pejabat senior militer agresor Amerika menyetujui untuk perpanjangan masa pendudukannya di Irak, namun perjanjian antara keduanya belum ada untuk mengamandemen perjanjian terakhir yang dilakukan tahun lalu.[adm/muslimdaily]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts