Dutebesar Amerika untuk Kabul yang baru, Karl Eikenberry bersikeras mengatakan jika basis utama milisi Taliban berada di Pakistan. Eikenberry dalam pernyataan pertamanya setelah dilantik menjadi dubes mengatakan jika tempat persembunyian Taliban berada di sepanjang perbatasan Afghanistan, namun yang berada pada sisi Pakistan.

Mantan Jenderal Amerika yang langsung beralih menjadi dutabesar tersebut mengatakan, usaha gabungan antara Amerika, Afghanistan dan Pakistan akan dilakukan untuk menjegal terorisme di wilayah ini.

"Sebelum saya tiba di Kabul sebagai dutabesar, saya sudah menghadiri pertemuan dan pembicaraan tiga pihak (trilateral) di Washington", untuk membicarakan situasi di Afghanistan, kata dubes Eikenberry.

Dia mengatakan, bahwa pejabat intelejen Pakistan mengakui jika Pakistan telah membuat Taliban Pakistan dan saat ini sudah menjadi ancaman serius bagi kedua negara Afghanistan dan Pakistan.

Amerika akan mati-matian mendukung dan menerapkan demokrasi ala mereka di Afghanistan, melalui pemilu yang akan digelar di negeri tersebut pada 20 Agustus 2009.

Taliban sendiri melalui jubirnya Zabiuallah Mujahid telah memberi peringatan bahwa jalannya pemilu ini tidak akan mulus, karena Taliban telah berjanji akan mengacaukan ajang penentuan kafir-tidaknya (pesta demokrasi) seseorang tersebut. [adm/muslimdaily]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts