PAKTIKA - Pasukan multinasional yang dipimpin oleh Amerika Serikat di Afghanistan mengklaim telah berhasil membunuh sekurangnya 24 mujahid Taliban di dekat perbatasan Pakistan. Serangan yang terjadi pada Kamis (28/5), menurut militer NATO, memang sengaja ditargetkan ke kamp pelatihan mujahidin di Paktika, sebuah provinsi yang terletak di timur Afghanistan.

Para tentara kafir itu sedang memburu keberadaan Sangeen, panglima Taliban, namun tidak mereka tidak memberikan keterangan lebih lanjut apakah mereka berhasil membunuhnya dalam serangan tersebut ataukah tidak.

Pejabat militer AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Sangeen merencanakan dan mengkoordinasi gerakan al Qaeda dan juga ratusan para mujahidin dari Pakistan ke Afghanistan.

Serangan yang terjadi di sepanjang perbatasan Afghanistan dengan Pakistan dilakukan sebagai sebuah peringatan bahwa wilayah tersebut masih menjadi tempat pengembangan para mujahidin Taliban yang berusaha untuk membuat keributan di kedua negara, kata militer.

Presiden AS Barack Obama mengatakan penyingkiran kamp pelatihan ini sangat penting dalam mengalahkan Al-Qaeda dan memenangkan perang di Afganistan. [adm/arrahmah]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts