KABUL  - Sekitar 17.000 tentara ekstra akan disebar di Afghanistan pada pertengahan Juli mendatang sebagai "janji" Washington untuk menyelesaikan misinya di Afghanistan dan membawa "stabilitas" di negeri Muslim tersebut.

"10,000 tentara telah mulai didatangkan dan akan terus berlanjut hingga satu setengah bulan mendatang dan mereka akan ditempatkan di Helmand dan di Farah," ujar Kolonel Greg Julian, jurubicara tentara AS seperti yang dilansir Reuters, Minggu (31/5).

Ia menambahkan, sekitar 7.000 tentara AS akan tiba bersama dengan helikopter-helikopter tambahan dan akan disebar di daerah pedesaan di selatan Kandahar.

Julian juga mengatakan, AS tengah mempersiapkan 4.000 tentara lagi yang akan dikirimkan pada Agustus mendatang dan akan disebar di wilayah selatan dan barat Afghanistan, dimana tentara AS mendapat pukulan telak di sana.

AS menilai, provinsi Helmand dan Farah sebagai wilayah yang sulit ditaklukkan dan diyakini sebagai benteng kekuatan Taliban, dimana banyak tentara NATO yang menghadapi kematian setelah disebar di sana. [adm/arrahmah]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts