Yaman - Wakil ketua biro politik Hamas, Dr. Mosa Abu Marzouq bertemu dengan prsiden Yaman Ali Abdullah Shalih kemarin Ahad (21/6). Abu Marzouq menyampaikan sejumlah peristiwa penting yang terjadi di Palestina dan dialog Kairo terakhir dan keduanya juga membahas sikap pihak-pihak lainnya di Palestina.

Sementara itu Ali Abdullah Shalih, Presiden Yaman kembali menegaskan sikap pemerintahannya yang mendukung rakyat Palestina dan mendirikan Negara Palestina dengan ibukota Al-Quds.

Kunjungan Abu Marzouq ke Yaman ini dilakukan dalam rangka memberikan informasi kepada Negara itu tentang perkembagan terbaru di Palestina, terutama karena Negara itu telah memberikan banyak prakarsa untuk mengakhiri perpecahan di Palestina.

Awal tahun ini, Yaman mengajukan prakarsa mengakhiri perselisihan di Palestina antara Hamas dan Fatah untuk mewujudkan persatuan barisan nasional Palestina dan mengakhiri perpecahan internal.

Di antara pasal terpenting dalam prakarsa Yaman adalah dimulainya kembali dialog antara kedua gerakan yang sudah dimulai di Kairo dan Sanaa sesuai dengan dasar kesepakatan yang sudah ditandatangani antara kedua pihak, namun dengan syarat Mesir, Suriah dan Turki menjadi maintenes dialog Palestina disamping ada pembentukan pemerintahan persatuan Palestina yang mencakup kekuatan-kekuatan politik di Palestina dimana selama enam bulan akan menyiapkan pemilu legislative dan presiden pada saat yang bersamaan. [adm/infopalestina]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts