Jenderal top Amerika meminta penambahan tentara Inggris extra di Afghanistan, sebuah bala bantuan untuk misi "perang melawan teror", kata beberapa media Britania Raya.

Jenderal Stanley McChrystal, komandan baru NATO dan tentara koalisi di Afghanistan yang juga sebagai komandan operasi spesial Amerika, mengatakan pada hari Ahad bahwa penambahan pasukan Inggris akan sangat diharapkan.

Jenderal Amerika tersebut juga menekankan akan mengurangi korban sipil Afghanistan, dikatakan ini menjadi prioritas utama untuk mengurangi korban sipil.

Permintaan untuk menambahkan tentara Inggris datang setelah Amerika berencana menambah sekitar 7000 tentara baru ke wilayah Helmand yang sedang bergolak. Perdana Menteri Gordon Brown baru-baru ini meminta penambahan pengiriman pasukan tempur sekitar 2000 tentara ke propinsi Helmand, laporan Times Online.

Sebelumnya, perdana menteri menyetujui pengiriman 700 tentara extra untuk mengamankan jalannya pemilu Afghanistan 20 Agustus mendatang. Namun juga dikatakan para tentara tersebut akan segera ditarik segera setelah pemilu berakhir.

Britania Raya adalah penyokong tentara terbesar yang merukan sekutu Amerika dalam misi penjajahan di Afghanistan. Sudah ada lebih dari 8,300 tentara Inggris Raya yang diterjunkan di Afghanistan, kebanyakan dari mereka berada di propinsi Helmand sebelah selatan, salah satu wilayah kebangkita kaum perlawanan Taliban.[adm/muslimdaily]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts