CAPITOL HILL - Direktur CIA Leon Panetta mengatakan bahwa ia yakin Syaikh Usamah Bin Ladin masih berada di Pakistan saat ini. Pimpinan agen intelejen tersebut berharap untuk lebih mudah mendapatkan pimpinan al Qaeda karena militer Pakistan telah melumpuhkan beberapa wilayah yang disinyalir jadi tempat persembunyiannya.

Panetta mengatakan pada para wartawan setelah berpidato di Capitol Hill bahwa menemukan Syaikh Usamah merupakan salah satu prioritas utama CIA. Ia berharap besar bahwa gabungan antara aktivitas CIA dan serangan militer Pakistan akan memberi AS kesempatan yang cukup baik dalam rangka menangkap orang al-Qaeda nomor satu.

Panetta mengatakan dalam pidatonya bahwa CIA telah menambah jumlah pegawai dan agennya di Pakistan karena pihaknya sangat membutuhkan banyak informasi untuk menyerang jaringan al-Qaeda di negara tersebut.

Dugaan ini muncul ketika Pakistan melaksanakan operasi militer terbaru di daerah Waziristan sepanjang batas Afghan, yang sebagian besar digerakkan melalui kombinasi serangan cepat terhadap sasaran yang dicurigai sebagai mujahidin Taliban, kata pejabat tinggi pemerintah dan diplomat Barat pada CBS News.

Pemerintah yang diaminkan oleh sejumlah media pro-munafikin mengatakan pada Kamis (11/6) bahwa jumlah mujahidin Taliban yang tewas dalam dua hari pertempuran dari Waziristan ke daerah Bannu mencapai 800 orang. Dan tentu saja jumlah ini menimbulkan perdebatan.

Pada Selasa (8/6), salah satu hotel di Peshawar, Pearl COntinental, hancur akibat sebuah serangan yang diklaim pemerintah sebagai serangan mujahidin Taliban (meskipun belum ada pernyataan resmi dari Taliban). Selain di Peshawar, serangan lainnya terjadi di provinsi Batas Barat Laut (NWFP) tempat lembah Swat dan Waziristan berada. Sekurangnya 16 orang, termasuk dua orang pejabat PBB tewas dan 70 lainnya luka-luka. [adm/arrahmah]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts