Kantor berita BBC, yang merupakan kantor berita terbesar di dunia, untuk pertama kalinya menunjuk seorang Muslim, Aaqil Ahmed, menjadi Kepala Program Agama di stasiun televisinya. Penunjukan Ahmed ini mendapatkan sambutan yang hati-hati dari para pemimpin gereja. Maklum program agama di BBC merupakan salah satu acara favorit di stasiun televisi tersebut.

Ahmed akan mengelola Channel 4, bekerja sama dengan Christine Morgan, yang telah ditunjuk sebagai kepala program agama di radio. Ahmed adalah anggota Runnymede Trust, sebuah badan yang memperjuangkan ideologi multikulturalisme. Ia telah lama mengampanyekan agar keberadaan Muslim di Inggris lebih diterima lagi secara luas di media-media Inggris. Tak kurang dari 2,4 juta penduduk Muslim yang kini hidup di Negeri Ratu Elizabeth II itu.

Para petinggi BBC menyambut dengan hangat penunjukan Ahmed yang merupakan keturunan Pakistan tersebut. Ia dianggap sangat memenuhi syarat dan merupakan Muslim pertama yang mengisi jabatan itu. Penunjukan Ahmed ini merupakan yang kedua kalinya dalam sejarah sejak 1987, dimana non-Muslim memegang posisi sebagai kepala program agama BBC.

Rev Nigel McCulloch, pendeta Manchester, menyambut baik kehadiran Ahmed, namun akan memonitor program agama di bawah kepala barunya. “Aaqil Ahmed menduduki jabatannya dengan reputasi yang baik. Namun jika liputan agama BBC dapat menimbulkan kegelisahan, gereja-gereja Inggris akan mengawasi sejauhmana masa depan agama dan etika berkembang,” ujarnya sebagaimana dilansir IslamOnline.net. [adm/sabili]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts