Kapankah krisis ekonomi berakhir? AS yang selama ini dijadikan salah satu ukuran kemajuan ekonomi dunia, masih berada dalam posisi yang samar.

Beberapa pengamat ekonomi mengatakan bahwa krisis ekonomi sudah berakhir, namun kenyataannya dua bank di AS ternyata tutup buku, mengikuti bank-bank lainnya yang sudah lebih dulu bangkrut. Total, 87 bank telah tutup selama tahun ini saja.

Dua bank AS yang tutup buku kali ini adalah Vantus dan InBank. Keduanya ditutup oleh regulator perbankan di negara itu. Vantus bank mengalami deposit sampai $368 juta, berdasarkan penghitungan Federal Deposit Insurance Corp. (FDIC).

Sedangkan InBank “hanya” $199 juta. FDIC mengatakan bahwa bangkrutnya kedua bank ini akan menghabiskan asuransi deposit pemerintah federal sebesar $243 juta.

Gedung Putih sudah nmemberikan sikap positif, namun AS semakin tenggelam ke dalam resesi, dengan bank dan pekerja yang diberhentikan. Angka pengangguran di AS kini diperkirakan mencapai 9,7% di bulan Agustus, dan telah terjadi PHK sebanyak 216.000 pekerja—berdasarkan Departemen Tenaga Kerja. Ini angka tertinggi sejak tahun 1983, ketika angka mencapai 10,1%. [adm/eramuslim]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts