ISLAMABAD - Aparat Pakistan pada Jumat (11/9) mengumumkan klaim penangkapan juru bicara mujahidin Taliban, Muslim Khan (orang yang selama dua tahun berturut-turut dicari oleh pemerintah) beserta salah seorang panglimanya serta lima orang anggota lainnya di Swat.

"Muslim Khan dan Mahmood Khan yang kepalanya dihargai 10 juta rupee di Pakistan, berhasil ditangkap oleh aparat Pakistan dalam sebuah operasi militer yang sukses," kata Jubir militer Pakistan, Athar Abbas.

"Bersama mereka, juga tertangkap tiga pemimpin Taliban lainnya bernama Fazli Ghaffar, Abdul Rehman dan Sartaj," sambung Abbas.

"Kedua pemimpin teroris itu saat ini tengah diintrogasi," kata Juru bicara militer, Mayjen. Athar Abbas pada Jumat (11/9).

Abbas tidak memberikan keterangan terperinci atas penangkapan ini, termasuk kapan terjadinya, dan hany berbicara bahwa tertangkapnya petinggti Taliban tersebut merupakan prestasi bagi operasi angkatan boneka pemerintah di Swat. Beberapa harian setempat melaporkan bahwa beberapa orang di antaranya terlibat dalam pembicaraan rahasia dengan militer.

Namun Abbas menolak untuk memberikan komentar seputar laporan terperinci mengenai isu tersebut.

Sebelumnya, bulan Juli, pemerintah sekuler Pakistan menyebarkan kebohongan yang serupa terhadap Maulana Fazlullah, namun Muslim Khan tegaskan bahwa berita yang digembar-gembokan pemerintah melalui media-media.

Dalam usaha penangkapan ini, pemerintah sempat mengumumkan akan memberikan hadiah sebesar 50 juta rupee (lebih dari 600.000 dolar) untuk Fazlullah dan 15 untuk panglimanya. [adm/arrahmah/eramuslim]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts