YAMAN - Jika di Indonesia euphoria Idul Fitri sudah dimulai sejak sabtu setelah Ashar, maka lain lagi di Yaman. Takbir yang dikumandangkan di setiap masjid di Indonesia tersebut tidak terdapat di Yaman. Takbir keliling yang biasanya diorganisir oleh Remas di Indonesia tersebut juga tidak terdapat di Yaman.

Budaya masyarakat setempat dalam menyambut datangnya hari raya Idul Fitri relatif berbeda dengan budaya masyarakat Indonesia. Tak ada kue yang dihidangkan di meja untuk menyambut para tamu. Bahkan budaya sitarurrahim ke rumah-rumah tetangga dan kerabat yang di Indonesia merupakan momen terpenting dari rangkaian hari raya Idul Fitri sama sekali tidak akan dijumpai di Yaman. Sehingga praktis sehabis melakukan salat Idul Fitri, suasana kota kembali seperti hari biasa, bahkan cenderung lebih lengang karena kebanyakan warga memilih berkumpul dengan anggota keluarga di rumah masing-masing

Berbeda dengan beberapa daerah di Yaman pada umumnya, Hadhramaut yang merupakan salah satu provinsi di Yaman bagian selatan (janub) memiliki tradisi yang unik. Lazimnya warga Indonesia yang merayakan labaran dengan memakai pakaian yang serba baru, warga Hadramaut juga membeli beberapa potang pakaian untuk lebaran. Bedanya, jika masyarakat Indonesia jauh-jauh hari sudah mempersiapkannnya, warga Hadhramaut justru baru membelinya malam lebaran. Sehingga akibat dari tradisi tersebut, pada malam lebaran, jalanan di beberapa kota di Hadramaut akan macet total, bukan karena takbir keliling seperti di Indonesia, namun kemacetan tersebut timbul karena hampir semua warga Hadramaut pergi ke kota untuk membeli pakaian hari raya. Pasar-pasar kota akan penuh oleh penduduk sampai menjelang subuh.

Pagi harinya, pakaian yang telah mereka beli tersebut di pakai tanpa lebih dulu menanggalkan cap yang tertempel di pakaian yang mereka beli, sehingga siapapun akan tahu merek baju dan sarung yang mereka beli lengkap dengan bandrol harga yang tertempel. Tradisi seperti itu menurut mereka merupakan pengamalan salah satu ayat Alquran Faamma bini'mati robbika fahaddist (maka dengan nikmat Tuhanmu sampaikanlah).

Namun begitu, warga Indonesia yang berdomisili di Yaman memiliki cara tersendiri untuk tetap melestarikan tradisi Idul Fitri di Indonesia. Untuk menyambut dan merayakan lebaran tahun ini, seperti biasanya, KBRI Sana'a didukung Persatuan Pelajar Indonesia di Yaman (PPIY) mengadakan salat Idul Fitri bersama di halaman wisma duta besar RI, Nurul Aulia. Acara salat bersama tersebut dihadiri hampir seluruh warga negara Indonesia yang berada di Sana'a, ibukota Yaman dan ratusan perwakilan mahasiswa Indonesia dari berbagai lembaga pendidikan yang berada di Yaman. Salat Idul Fitri tersebut dimulai pada pukul 07.30 dipimpin Al Ustaz Abdul Hakim, mahasiswa Darul Mushtofa Tareem Hadramaut yang menguasai qiroah sab'ah.

Sementara untuk Kotbah Idul Fitri, panitia mempercayakannya kepada Ahmad Zainal Huda. Dalam kotbahnya yang bertema Islam sebagai agama perdamaian pagi tadi, Sekretaris III KBRI Sana'a asli Rembang Jawa Tengah yang baru datang setengah bulan yang lalu tersebut menyampaikan pentingnya mengaktualisasi universalitas Islam dalam kehidupan sehari-hari. Kaitannya dengan kehidupan berbangsa dan bernegara, kita harus mampu menunjukkan kepada dunia internasional bahwa Islam adalah agama yang cinta damai.

"Esensi Islam sebagai agama yang melandaskan segala sesuatu kepada perdamaian, kasih sayang, dan egaliter terbukti dengan adanya mabadi' khomsah dalam syariat Islam. Selain itu, sejarah juga mencatat bahwa Rosulullah SAW ketika awal kali mendirikan negara Madinah membuat piagam Madinah (Al sohaif al madinah) sebagai dasar yang telah terbukti mampu mengakomodir semua kepentingan golongan wakti itu. Hal ini membuktikan bahwa Islam sebagai agama dan tatanan sosial, telah lebih dahulu menunjukkan konsepsi yang maju, moderat, dan egaliter jauh sebelum isu universal of declaration of human right disepakati oleh PBB pada tahun 1948," demikian salah satu petikan Kotbah Idul Fitri yang disampaikan Huda.

Usai Salat dan Kotbah Idul Fitri, jamaah bersalaman memutar lazimnya tradisi di Indonesia setelah melakukan salat Id. Kemudian semua jamaah yang hadir dijamu Dubes Nurul Aulia dengan menu cita rasa Indonesia. Kekhasan dan keramahan, dan indahnya nuansa silaturrahim yang tercermin dari rangkaian acara Idul Fitri warga Indonesia di Yaman yang diadakan di Wisma kedutaan tersebu ternyata mampu memberikan kesan kepada warga Yaman dan beberapa negara sahabat yang berada di Yaman bahwa muslim Indonesia memiliki kebudayaan mengisi momen Idul Fitri yang patut untuk diteladani. [adm/okezone]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts