AMBON - Ribuan umat Islam di Kota Ambon memenuhi Masjid Raya Alfatah untuk mengikuti Salat Idul Fitri 1430 H, Minggu (20/9/2009).

Mereka terlihat memadati Masjid Raya Alfatah hingga ke ruas Jalan Sultan Babullah dan Jalan AM Sangadji yang terletak di depan dan samping masjid. Kedua ruas jalan tersebut ditutup dan arus kendaraan dialihkan ke ruas Jalan dr Latumeten dan sekitarnya.

Salat Idul Fitri 1430 H yang dimulai pada pukul 07.30 WIT tersebut dipimpin imam H RR Hasanussi (Imam Besar Masjid Raya Alfatah), sedangkan Khatib yakni Brigjen Polisi Totoy Herawan Indra (Kapolda Maluku).

Brigjen Polisi Totoy Herawan Indra mengatakan, perjalanan berpuasa selama bulan Ramadan telah melahirkan profil sebagai hamba Allah yang beriman dan bertaqwa.

"Iman melahirkan keteguhan sedangkan taqwa melahirkan kepribadian yang tahan uji. Kedua-duanya menjadikan umat sebagai insan yang tahan terhadap berbagai tantangan," katanya.

Menurutnya, umat patut bersyukur karena puasa telah mendidik umat untuk menjadi orang yang bersabar dan bertaqwa.

"Dua sikap tersebut sangat handal untuk menghadapi berbagai situasi. Saat kita memang sementara menghadapi ujian dalam berbagai krisis yang terjadi. Krisis-krisis tersebut dapat menggiring kita masuk dalam kubangan sengsara," ungkapnya.

Kapolda dalam khotbahnya juga mengajak umat untuk tidak saling menyalahkan dan menuding antara yang satu dengan yang lainnya saat mengatasi krisis demi krisis yang terjadi.

"Untuk mengatasi krisis bukan saat untuk menuding siapa yang jadi penyebab, siapa yang memulai atau siapa yang bertanggung jawab. Itu bukan menyelesaikan masalah tetapi justru menambah masalah," tandasnya.

Dia juga mengajak umat untuk selalu dekat dengan Allah agar memiliki kepribadian yang tahan uji serta tetap menjaga peresatuan dan kesatuan bangsa dengan memegang teguh disiplin dan tanggung jawab yang tinggi. [adm/okezone]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts