Seorang pemimpin kelompok Islam di Amerika yang menganjurkan pelaksanaan syariah Islam terbunuh dalam sebuah penyergapan yang dilakukan oleh agen FBI di Detroit, demikian keterangan kepolisian setempat.

Luqman Ameen Abdullah,53 tahun, tertembak pada hari Rabu, 28 Oktober dalam sebuah gudang di daerah Dearborn.

Pihak FBI mengejar Abdullah dan 10 pengikutnya dengan tuduhan konspirasi penjualan barang curian, penjualan senjata dan kepemilikan ilegal atas sejumlah barang.

Dokumen pengadilan menyebutkan bahwa Abdullah, yang juga dikenal dengan nama Christopher Thomas adalah imam dari sebuah kelompok yang memiliki misi penerapan syariah Islam di Amerika.

Lebih lanjut menurut keterangan FBI, dalam penyergapan tersebut Luqman Ameen Abdullah melakukan perlawanan terhadap FBI, sementara 4 rekannya tertangkap.

Luqman Ameen Abdullah yang dulu juga pernah dipenjara tersebut aktif memberikan ceramah tentang syariah Islam kala masih di dalam bui.

Dawud Wali, direktur eksekutif Council on American-Islamic Affairs/CAIR, sangat terkejut dengan terbunuhnya Luqman Ameen Abdullah.

"Dia dikenal baik dan dihormati. Tidak ada orang yang bicara bahwa dia memiliki hubungan dengan kelompok 'ekstrimis', luar negeri atau di sini di kampung halamannya," terangnya kepada Al Jazeera. [adm/muslimdaily]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts