Hubungan Uni Emirat Arab (UAE) dan Israel makin mesra. Untuk pertama kalinya, negara Teluk itu mengibarkan bendera Israel bersamaan dengan kedatangan delegasi Israel untuk menghadiri konferensi Internasional Renewable Energy Agency (IRENA) di Abu Dhabi pada hari Senin kemarin.

Informasi ini baru disampaikan oleh kementerian luar negeri UAE dalam pernyataan resminya yang dirilis hari Kamis (15/10). Dalam pernyataan tersebut tertulis,"Meski faktanya Uni Emirat Arab tidak membuka hubungan diplomatik dengan Israel, perwakilan Israel menerima perlakuan yang sama sebagai anggota yang hadir dalam pertemuan itu dan bendera Israel untuk pertama kalinya berkibar di negara ini."

Negara-negara Teluk memang tidak membuka hubungan diplomatik dengan rejim Yahudi itu, tapi Israel sejak 1996 memiliki kantor perwakilan dagangnya di dua negara Teluk yaitu Oman dan Qatar.

Tapi pada tahun 2000, Oman menutup kantor perwakilan dagang Israel sebagai bentuk protes atas agresi Israel yang memicu perlawanan Intifada kedua di Palestina. Sedangkan Qatar menutup perwakilan dagang Israel di negaranya pada Januari 2008, sebagai protes atas kekejian Israel dalam agresinya ke Jalur Gaza. [adm/eramuslim]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts