Kelompok pro Israel memberikan konstribusi lebih dari 10 juta pounds kepada Partai Konservatif Inggris selama 8 tahun terakhir dan setengah dari kabinet bayangan adalah anggota dari Sahabat Konservatif Israel (Conservative Friends of Israel/CFI), demikian laporan the Guardian, Senin 16 November, yang mengutip dari sebuah TV program tentang kekuatan lobi.

"Lobi Israel adalah lobi politik yang paling kuat," ujar Michael Mates, anggota parlemen dari partai konservatif, dalam program 'Dispatches' di Channel 4.

"Tak ada apapun yang dapat menyentuh mereka."

Seperti dikatakan sebelumnya bahwa anggota kabinet bayangan adalah CFI, sebuah kelompok di dalam parlemen yang bertujuan untuk memperkuat hubungan Israel dan Inggris.

Pemimpin partai konservatif atau sering dikenal dengan sebutan Tory, David Cameron, dilaporkan menerima 15 juta pounds dari Poju Zabludowicz, miliuner dari Finlandia yang mengepalai Britain Israel Communications and Research Center (Bicom).

Dalam acara TV tersebut juga disebutkan pendukung CFI mendapatkan 30,000 pounds dalam kampanye Cameron.

Organisasi pro Israel yang lain juga memberikan biaya perjalanan gratis kepada politisi dan jurnalis ke Israel.

Dalam komentar Cameron mengenai serangan brutal Israel di Jalur Gaza awal tahun ini, dia mendukung Israel karena untuk mempertankan diri.

Organisasi pro Israel di Inggris jarang mendapat perhatian seperti kelompok lobi Yahudi di Amerika yang digawangi AIPAC. [adm/muslisdaily]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts