ISLAMABAD - Pakistan saat ini tengah begitu yakin bahwa serangan ofensif melawan Taliban adalah perang mereka setelah sebelumnya banyak pihak yang menyatakan perang tersebut adalah perang bagi kepentingan Amerika Serikat, sebagaimana dituturkan oleh seorang mantan jenderal Pakistan.

"Saya kira tentara dan rakyat Pakistan benar-benar bertekad untuk melakukan perang ini dan memenangkannya," kata pensiunan Letnan Jenderal Talat Masood, yang juga seorang pejabat di Departemen Pertahanan Pakistan, mengatakan pada hari Selasa (24/11).

"Dalam situasi apa lagi mereka bisa menjamin masa depan Pakistan kecuali jika operasi ini berhasil, sehingga jelaslah bahwa mereka berjuang untuk masa depan mereka, bukan yang lain," katanya.

Ungkapan Masood ini muncul bersamaan dengan diintensifkannya serangan ofensif terhadap tempat pertahanan Taliban di Waziristan Selatan oleh militer Pakistan setelah terjadi serangkaian pemboman maut, dan Amerika Serikat melanjutkan serangan udara dengan pesawat predator tak berawaknya pada target yang diduga Taliban di Pakistan.

Presiden AS Barack Obama berada di ambang mengumumkan apa yang diperkirakan akan menjadi peningkatan besar dalam jumlah pasukan AS di Afghanistan.

Sebuah jajak pendapat memperlihatkan hanya kurang dari 10 persen rakyat Pakistan yang mendukung serangan predator AS tersebut.

Serangan AS di Pakistan, yang selama ini dilakukan oleh CIA, akan jauh lebih dilegitimasi oleh rakyat Pakistan jika AS mau membagi pengendalian atas rencana dan pelaksanaan serangan dengan Pakistan, klaim Masood. [adm/arrahmah]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts