Komunitas Muslim AS menuntut penyelidikan atas tewasnya Luqman Ameen Abdullah, 53, seorang imam Muslim yang ditembak oleh agen-agen FBI dalam penyerbuan ke Dearborn, Detroit pekan kemarin. Lebih dari 1.000 warga Muslim berkumpul di Muslim Center of Detroit hari Minggu kemarin untuk memberikan penghormatan terakhir pada Luqman yang juga imam masjid setempat.

FBI mengklaim penyerbuan itu dilakukan untuk menangkap jaringan yang kerap melakukan tindak kriminal, padahal yang mereka serbu adalah komunitas Muslim yang kebanyakan para mualaf warga negara Amerika keturunan Afrika. FBI menuding Luqman yang menjadi pimpinan komunitas tersebut sebagai "pemimpin kelompok Islam Sunni radikal di Detroit yang kerap melontarkan pernyataan bernuansa kebencian terhadap pemerintah AS dan dan membenarkan tindak kekerasan."

Namun tuduhan itu dibantah oleh keluarga, teman dan jamaah Luqman. Anak lelaki Luqman, Imam Mohammad Elahi menyebut operasi penangkapan dan penembakan terhadap ayahanya sebagai tindakan yang barbar karena polisi menembak ayahnya berkali-kali hingga tewas.

Imam Elahi mencurigai pembunuhan terhadap ayahnya sudah direncanakan dan ia menuntut penyelidikan yang transparan dan adil atas kasus ini. "Kami meminta keadilan," tukas Imam Elahi yang juga mengetuai Islamic House of Wisdom di Dearborn Heights.

Tuntutan agar aparat berwenang menyelidiki pembunuhan terhadap Imam Luqman juga disampaikan sejumlah organisasi Muslim di AS antara lain American Muslim Taskforce on Civil Rights and Elections, American Muslim Alliance dan American Muslims for Palestine and Council on American-Islamic Relations.

Muslim AS yang mengenal Imam Luqman mengatakan bahwa ia adalah sosok yang penuh perhatian dan dermawan. "Kami berdoa semoga Allah Swt melimpahkan pahala yang telah dijanjikanNya buat mereka yang mati syahid," Imam Talib Abdu-Rashid dari New York menyampaikan doanya di hadapan para hadirin yang datang untuk memberikan penghormatan terakhir pada Imam Luqman Ameen Abdullah. [adm/eramuslim]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts