Sayap militer Hamas pada hari Ahad kemarin (22/11) mengumumkan bahwa kelompok-kelompok pejuang Palestina di jalur Gaza telah menyelesaikan kesepakatan untuk sementara berhenti menembakkan roket-roket mereka ke Israel, namun mereka juga mengatakan bahwa mereka akan tetap memberikan "tanggapan" terhadap serangan Israel yang kebetulan terjadi pada hari Ahad kemarin yang mencederai sedikitnya tujuh warga Palestina.

"Perjanjian antara Brigade Izzuddin Al-Qassam dan faksi-faksi lain untuk menghentikan serangan roket ke Israel bukanlah tanda kelemahan," kata kelompok tersebut dalam sebuah pernyataan.

Perjanjian tersebut bertujuan "untuk bersama-sama menjaga internal terdepan dan kepentingan nasional tertinggi bagi rakyat Palestina."

Namun mereka juga memperingatkan, bahwa mereka akan tetap menanggapi setiap serangan Israel di wilayah Gaza.

"Brigade Al-Qassam tidak akan berdiri santai dalam kasus eskalasi serangan Zionis terhadap Gaza dan akan membela diri dengan segala kekuatan kami."

Pernyataan itu dikeluarkan sehari setelah sebuah roket ditembakkan ke Israel dari Gaza, mendarat tanpa menyebabkan cedera atau kerusakan, dan beberapa jam setelah serangan itu tentara Israel membalas dengan tiga serangan udara yang melukai delapan orang Palestina.

Seorang jurubicara militer Israel mengatakan salah satu serangan mereka telah menargetkan sebuah pabrik di Gaza pusat yang digunakan untuk membuat senjata. Sedangkan warga Palestina mengatakan bahwa target serangan Israel adalah sebuah pabrik pengecoran logam.

Pekerja medis Palestina dan para saksi mengatakan sasaran lainnya termasuk sebuah kafilah di utara Jalur Gaza dan terowongan bawah tanah di wilayah selatan di bawah perbatasan dengan Mesir.

Hal ini menandai kekerasan terbaru di sepanjang perbatasan Gaza, yang sebagian besar telah tenang sejak perang yang diluncurkan Israel lewat serangan udara, darat dan laut jalur di Gaza pada 27 Desember lalu yang menghasilkan pembunuhan lebih dari 1.400 orang Palestina. [adm/eramuslim]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts