Presiden Afghanistan Hamid Karzai memperhitungkan, negaranya masih memerlukan dukungan internasional hingga 20 tahun ke depan, untuk membiayai angkatan bersenjatanya.

Karzai memberikan pernyataan ini setelah pertemuannya dengan Menteri Pertahanan AS, Robert Gates di Kabul. Pernyataan Karzai ini hanya seminggu setelah Presiden Obama menjelaskan strategi baru Afghanistan dengan mengerahkan 30.000 tentaranya.

"Kami berharap bahwa masyarakat internasional, khususnya Amerika Serikat (AS), sebagai sekutu pertama kami, membantu mencapai kemampuan --dalam hal kemampuan ekonomi-- juga untuk mempertahankan kekuatan yang dapat melindungi hak Afghanistan dengan angka-angka dan peralatan yang tepat," kata Karzai.

Karzai mengatakan, memang pasukan Afghanistan dapat mengambil alih tanggung jawab keamanan dalam lima tahun mendatang. Akan tetapi hingga 20 tahun ke depan, gaji para serdadu dan polisi serta persenjataan mereka, harus dibantu dengan dana dari luar negeri.

Gates mengumumkan, penarikan mundur pasukan AS yang dimulai tahun 2011 akan berlangsung beberapa tahun.

"Kami tahu bahwa Anda lebih memilih untuk melindungi warga Afghanistan, dan itu adalah tujuan kami juga," kata Gates.

"Keberadaan pasukan kita di sini hanya ada selama dibutuhkan untuk mengalahkan musuh Anda. Kita akan berada di samping Anda hingga pasukan Afghanistan cukup besar dan cukup kuat untuk mengamankan negara sendiri," tambah Gates.

AS berharap akan bisa meningkatkan jumlah pasukan Afghanistan menjadi 400.000 unit pada tahun 2013, peningkatan sangat besar dibandingkan dengan sekarang hanya memiliki 97.000 tentara dan 94.000 polisi.

Meski AS berusaha memenangkan simpati publik, namun upayanya baru-baru ini runtuh setelah digoyang kemarahan masyarakat dari Provinsi Laghman yang menuduh bahwa penggerebekan pasukan khusus AS telah menewaskan 12 warga sipil, termasuk seorang wanita dan anak-anak.

Sebagaimana alasan selama ini, Amerika mengatakan, langkah itu dilakukan pasukan AS dan pasukan Afghan guna menargetkan pemimpin pejuang Taliban atas bom pinggir jalan dan serangan bunuh diri di wilayah tersebut. [adm/hidayatullah]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts