SRINAGAR - Seiring dengan menurunnya tingkat kekerasan di perbatasan India-Pakistan, New Delhi memerintahkan 30.000 pasukannya mundur dari Kashmir, penarikan terbesar sejak tahun 1999.

Menteri Pertahanan India, A.K. Antony, di hadapan para wartawan pada hari Jumat (18/12) mengatakan, "Tentara India, dengan inisiatif mereka sendiri, telah menarik dua divisi (30.000 orang)."

Menurut media lokal, pasukan itu ditarik sejak dua bulan yang lalu dari negara bagian selatan, sektor Rajouri dan Poonch.

Jika situasi terus meningkat, kata Antony, akan ada penarikan pasukan lebih banyak. "Kehadiran angkatan bersenjata kami telah mampu untuk melawan terorisme di Kashmir," tambah Antony.

Kashmir merupakan salah satu wilayah yang paling sarat dengan konflik di dunia, yang dalam kaca mata India terpengaruh oleh pemberontakan separatis selama puluhan tahun dan telah menjadi akar ketegangan antara kedua tetangga yang bersenjata nuklir (India dan Pakistan).

India dan Pakistan telah berperang tiga kali sejak kemerdekaan mereka, dua di antaranya di Kashmir. Keduanya mengklaim wilayah secara keseluruhan - dua-pertiga Kashmir ini dikelola oleh India dan sisanya oleh Pakistan.

New Delhi telah berulang kali menuduh Islamabad sebagai pihak yang memicu pemberontakan separatis di Kashmir. Akibatnya, lebih dari 45.000 orang tewas selama dua dekade. [adm/arrahmah]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts