Liga Arab dan Program Pembangunan PBB dalam pernyataan bersamanya mengungkapkan, 140 juta warga Arab atau sekitar 40 persen dari penduduk negara-negara Arab hidup di bawah garis kemiskinan.

Seperti diberitakan AFP, Laporan bersama Liga Arab dan Program Pembangunan PBB yang dirilis kemarin Ahad (20/12) menyebutkan, sejak tahun 2000 perekonomian negara-negara Arab mengalami kemajuan sehingga mampu menekan nilai rata-rata ketimpangan sosial. Namun begitu hingga kini angka kemiskinan di dunia Arab masih tinggi mencapai 40 persen.

Laporan bersama itu menekankan perlunya pemerataan pendapatan. Dalam laporan juga dinyatakan bahwa pengangguran kaum muda di negara-negara Arab merupakan "yang tertinggi di dunia". Sekitar 50 persen kaum muda Arab menganggur.

Liga Arab dan Program Pembangunan PBB mendesak negara-negara Arab untuk segera melakukan langkah guna menyediakan 51 juta pekerjaan baru dalam 10 tahun mendatang.

Laporan itu disusun menjelang pertemuan puncak dunia pada September tahun depan yang menandai tahun kesepuluh pengesahan Sasaran Milenium, ketika para pemimpin dunia berjanji mengurangi tingkat kemiskinan dan kelaparan hingga separuh sebelum 2015. [adm/hidayatullah]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts