Tak perlu banyak cing-cong untuk melakukan boikot. Para pejabat pabean Palestina, Rabu, membuang produk kecantikan dari Laut Mati senilai puluhan ribu dolar AS ke tempat pembuangan sampah. Hal itu adalah salah satu bagian dari pemboikotan atas barang-barang buatan pemukim Israel.

"Pembinasaan itu sesuai dengan keputusan pemimpin Palestina untuk mencegah impor dan penjualan barang-barang yang diproduksi di permukiman tersebut," kata pejabat setempat, Munthar Erakat.

Para pejabat menentukan nilai barang yang dihancurkan, termasuk sampo, krim wajah, dan losion tangan yang dibuat dari Laut Mati. Nilai kosmetik yang dibuang sebesar 55 ribu dolar AS atau sekitar Rp 550 juta.

Para pemilik toko di kota oasis Palestina Jericho (Ariha) di dekat Laut Mati menyatakan para pejabat setempat telah merazia toko mereka untuk mencari barang-barang itu. Mayoritas barang itu dibuat oleh Dead Sea Cosmetics di bawah merk terkenal Abava dan dipasarkan oleh Kristin Davis, salah seorang bintang di dalam pertunjukan TV 'Sex in the City'.

Masyarakat internasional menganggap semua permukiman Israel di Tepi Barat Sungai Jordan dan Jerusalem Timur sebagai tidak sah. Karena itu pula, Palestina melihat permukiman tersebut sebagai ancaman besar bagi pembentukan negaranya pada masa depan. [adm/muslimdaily]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts