Seorang mantan pejabat NATO mengungkapkan serangan rahasia AS di Pakistan sebagai bagian dari perang rahasia di daerah kesukuan barat laut dengan serbuan pesawat tak berawak secara teratur.

Pasukan khusus Amerika melancarkan serangan illegal berkali-kali di daerah kesukuan, yang tidak pernah diberitahukan kepada pemerintah Pakistan sebelumnya, demikian kisah seorang pejabat yang enggan disebut namanya kepada the Guardian Senin 21 Desember.

Serangan ini terjadi antara tahun 2003 hingga 2008, juga turut melibatkan helikopter pengangkut pasukan elit AS di daerah perbatasan pada malam hari.

"Pihak Pakistan sama sekali tidak mengetahuinya. Itu adalah salah satu hal yang tidak kami konfirmasi secara resmi pada mereka," ujar sumber tadi.

Pengungkapan ini muncul ditengah-tengah kemarahan terhadap program drone CIA yang menurut media lokal telah membunuh banyak rakyat sipil di daerah perbatasan.

AS hanya mengakui satu-satunya serangan oleh pasukan khususnya pada September 2008, yang kemudian mendapat kutukan keras dari pemerintah Pakistan yang kemudian menyebutnya sebagai "provokasi kuburan".

Namun sumber ex-NATO tadi mengatakan bahwa terdapat 4 kali serangan tahun 2008 lalu, salah satunya serangan penyelamatan drone karena mereka menganggap tentara Pakistan tidak bisa dipercaya. [adm/muslimdaily]

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya

Recent Posts